HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.237.94.109
Pengunjung : 1.242.590


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

SEJARAH  SD. SANTO YOSEF

 

                Karya pendidikan diawali oleh Semangat cinta kasih Suster-suster Konggregasi Karolus Borromeus di keuskupan surabaya dengan menerima hibah, yakni 2 ( dua ) gedung sekolah dari Yayasan Mardiwidjana Cabang Surabaya. Pada saat itu Yayasan Mardiwidjana dibawah naungan Broeder Konggregasi Santo Aloysius. Penyerahan tersebut secara teknis dilaksanakan di bawah tangan oleh kedua belah pihak pada tanggal 1 Januari 1975, terdiri atas :

1.      SD. Katolik Santo Yosef status Bersubsidi di jalan Joyoboyo nomor 19 Surabaya

2.      SMP. Katolik Santo Yosef status Bersubsidi di jalan Joyoboyo nomor 19 Surabaya.

         Latar belakang dilaksanakan peng-hibah-an, dikarenakan para Broeder Konggregasi Santo Aloysius menghentikan karyanya di kota Surabaya. SDK. Santo Yosef dibuka / didirikan sejak zaman sebelum perang dunia ke II oleh para Broeder Konggregasi Santo Aloysius yang berkarya di Surabaya dengan latar belakang sebagai berikut :

1.      Pendiri pertama

         a.    Nama pendiri                     :   Konggregasi Broeders v.d. Heilige Aloysius

         b.    bentuk organisasi               :    Vereeniging Broedersschool te Soerabaia

         c.    Pengesahan organisasi       :    Staatsblad Nomor  136 tanggal 13 Juli 1880

                                                            Javasche Courant  Nomor 59 tanggal 23 Juli 1880

2.      Tanggal pendirian sekolah

       Pada tanggal 7 Juli 1862 didirkan E.L.S ( Bijzondere Europeesche Lager School ) di Coen Boulevaard Laan ( Jalan Dr. Sutomo / {saat ini : Jalan Polisi Istimewa}) Sekolah berkembang dan membuka klas filial.

         Pada tahun 1923 dipecah menjadi 2 ( dua ) sekolah, yakni

                                                      a.   E.L.S  broedersschool Santo Aloysius

                                                      b.   E.L.S  broedersschool Santo Yosef.

         Pada tanggal 1 Juli 1946  E.L.S diubah namanya menjadi A.L.S ( Algemeene Lager School zaman pemerintahan pendudukan Kolonial Belanda.

         Pada tanggal 1 Agustus 1950 A.L.S. diubah namanya menjadi S.R. ( Sekolah Rakyat ) dan berkembang hingga menjadi S.D. ( Sekolah Dasar )

         Dan untuk status sekolah, sebelum perang dunia ke II sudah berstatus sekolah bersubsidi berkembang dan berlangsung terus hingga keluarnya peraturan tentang jenjang akreditasi untuk sekolah swasta.

3.      Kronologis Yayasan penyelenggara sekolah.

         a.      Pertama berdiri     :     Vereeniging Broedersschool te Soerabaia

                 Pengesahan           :     Staattsblad                                 No.  136  tanggal 18 Juli 1880

                                                   Javasche Courant                     No.    59  tanggal 23 Juli 1880

                  Pendiri perkumpulan      :     Konggregasi Broeders v.d. Heilige Aloysius

         b.      Pada Tahun 1936 adanya perubahan akte ke II

      Perubahan organisasi menjadi :  TICHTING BROEDERS v.d. HEILIGE ALOYSIUS        

                   Akte Notaris                                            :     HJ de Graaf di Biutenzorg ( Bogor )

                   Tanggal                                                   :     10 Juli 1936

         c.       Pada tahun 1958 adanya perubahan akte ke III

                 Nama Yayasan diubah menjadi         :     YAYASAN MARDIWIDJANA CABANG SURABAYA

                   Akte Notaris                                    :     Mr. Oe Siang Djie

                   Nomer dan tanggal                           :     33,  tanggal 15 Agustus 1958

         d.      Pada tanggal 4 Nopember 1985 dihibahkan ke Yayasan Pendidikan Karolus Surabaya Cabang Surabaya