HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.210.23.15
Pengunjung : 1.102.009


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



Mengolah Daun Cincau Menjadi Minuman Segar

Senin; 22 April 2019 [R.B HERU KWARTANTO, SD ST. YOSEF SURABAYA] - Berita Umum

          Terdengar suara tawa anak-anak kelas 5 dan 6 di ruang laboratorium. Ternyata , mereka sedang asyik meremas-remas daun yang berwarna hijau. Daun berwarna hijau itu ternyata bernama daun cincau. 
Saat anak-anak meremas daun cincau , ada yang meremas sambil menahan geli ,ada yang  takut karena berlendir , tetapi ada yang semangat sampai diremas-remas sampai lembut sekali. Ya, hari ini , kelas 5 dan 6 diajak Sr.Margriet , CB ntuk memanfaatkan daun cincau yang tumbuh di taman sekolah. Suster mengatakan , ternyata mengkonsumsi cincau ini tidak hanya sebagai pelepas dahaga, tetapi juga berkhasiat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, rasa nyeri di perut, dan tenggorokan panas dalam. Tentunya konsumsi cincau yang terbuat dari bahan alami. Dalam memngolah daun cincau menjadi minuman siap konsumsi , suster membentuk menjadi beberapa kelompok. Untuk bahannya sudah disiapkan oleh suster , di mana suster juga tinggal memetik di taman sekolah yang tumbuh dengan subur. Suster menjelaskan cara membuat minuman dari daun cincau. 
Langkah pertama menyiapkan bahannya.

Bahan untuk membuat cincau

  • 100 helai daun cincau hijau (daun yang belum tua)
  • 100 ml air matang

Cara membuat cincau

  1. Rendam daun cincau sekitar 1 menit, kemudian cucilah hingga bersih
  2. Angkat daun cincau dan tiriskan
  3. Masukkan daun cincau ke dalam baskom dan tambahkan air secukupnya
  4. Remas-remas semua daun cincau dengan kuat hingga keluar gel hijau dari daun
  5. Tampung semua air perasan daun tersebut
  6. Siapkan baskom lain, kemudian saringlah semua perasan daun menggunakan saringan
  7. Diamkanlah air saringan itu di tempat yang relatif dingin hingga air mengental berbentuk seperti agar-agar

Dengan cara yang mudah dan menggunakan waktu yang singkat, cincau hijau alami sudah jadi. Dalam penyajiannya, cincau disajikan dengan campuran es dan bahan segar lainnya. 
Selamat mencoba di rumah ya...







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :