HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.210.23.15
Pengunjung : 1.102.019


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



Experiential Learning siswa kelas 5 SD Santo Yosef

Selasa; 27 February 2018 [R.B HERU KWARTANTO, SD ST. YOSEF SURABAYA] - Berita Umum

Berdasarkan program yang sudah dibuat pada awal tahun pelajaran semester genap bahwa kegiatan Experiential Learning siswa kelas 5 SD Santo Yosef  Jl.Joyoboyo Surabaya dilaksanakan di PPLH Seloliman Trawas Mojokerto pada hari Kamis,22 Februari 2018.

Sebelum berangkat siswa dikumpulkan di aula bermain untuk diberi pengarahan dari bapak kepala sekolah dan bapak/ibu guru pendamping.

Siswa berangkat dari sekolah pukul 07.00 WIB didampingi oleh Bapak Simon, Bapak Aryo, Bu Santi, Bu Elly, Bu Intan. Sebelum berangkat diawali dengan doa dipimpin oleh Pak Simon.

Siswa dibagi menjadi 2 bis. Perjalanan dari Surabaya ke PPLH kurang lebih 2 jam. Selama diperjalanan sangat menyenangkan mengingat begitu banyaknya pemandangan desa apalagi menggunakan bis ber-AC yang nyaman.

Setiba di PPLH para siswa disambut oleh para pemandu dari PPLH dengan penuh kegembiraan , demikian juga anak-anak sangat senang dapat menghirup udara segar di PPLH. Sebelum mengenal lingkungan PPLH lebih dalam, para siswa diajak untuk berkumpul di tribun.

Adapun rangkaian acaranya :

1. Para kakak pemandu memperkenalkan diri.

2. Para kakak pemandu membagi siswa-siswi menjadi 6 kelompok.

3. Setiap kelompok memulai pembelajaran di sekitar lingkungan PPLH di antaranya:

  1. Mengenalkan secara singkat tentang PPLH : visi misi, luas wilayah, persemian.
  2. Proses pembuatan kompos.
  3. Pengenalan jenis-jenis tanaman yang terdapat di wilayah PPLH.
  4. Pemilahan sampah.
  5. Daur ulang ( pembuatan kertas ) yang dipraktekkan oleh beberapa anak

 4. Setelah mengenal lingkungan di sekitar PPLH, siswa diajak untuk ke hutan tropis ( melewati jalan setapak yang naik turun dan becek, menysuri aliran sungai, membuat rasa ketakutan. Di hutan dijumpai beberapa tanaman baik tanaman besar maupun kecil. Dan beberapa tanaman yang berguna juga berbahaya. Ditemukan sumber air yang mengalir dari batu besar. Suara aliran air sungai juga membuat rasa takut dan senang)

5. Setelah keluar dari hutan tropis semua siswa bersama-sama bermain air di sungai pedesaan.

6. Sepulang dari sungai siswa-siswi segera membersihkan diri dan mengenakan baju ganti yang dibawa dari rumah.

7. Setelah membersihkan diri, para siswa menuju ke tempat makan sambil beristirahat bersama.

8. Lalu para siswa diberi kertas evaluasi untuk mengukur tingkat pelayanan dan kenyamanan di PPLH.

9. Lalu para siswa berdoa bersama dan bersiap untuk pulang ke Surabaya.

10. Para siswa pun pulang ke rumah masing masing.





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :