HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.235.45.196
Pengunjung : 1.220.557


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



Kegiatan Cinta Lingkungan Kelas 1

Selasa; 20 February 2018 [R.B HERU KWARTANTO, SD ST. YOSEF SURABAYA] - Berita Umum

“Ayoooo…….Kita Belajar Mencintai Alam Lingkungan Bagaikan Mencintai Hidup ”

 

            Belajar adalah sebuah tindakan yang tidak akan pernah berhenti. Belajar juga tidak terbatas hanya pada satu hal. Hal semacam inilah yang hendak ditanamkan dalam diri anak-anak SD Santo Yosef Surabaya. Dimana sebuah nilai-nilai karakter perlu disisipkan dalam setiap materi pembelajaran. Hal tersebut dimaksudkan agar anak juga belajar memahami bagaimana sebuah sikap yang mereka miliki dan mereka lakukan pada akhirnya dapat berguna bagi suatu hal.

            Menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri siswa dapat dilakukan dalam berbagai cara. Salah satu cara yang dilakukan oleh pendidik di sekolah ini adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada disekitar lingkungan sekolah. Salah satu media pembelajaran yang dimaksudkan adalah dengan pemanfaatan kebun yang dimiliki oleh sekolah. Sekalipun kebun ini tidak luas, namun dirasa cukup untuk menjadi wahana edukasi bagi anak-anak karena di kebun ini terdapat berbagai jenis tanaman. Oleh karena itu menjadi hal yang penting pula, ketika dalam pelajaran PKT (Pendidikan Karakter Tarakanita) yang didalamnya tercantum materi tentang “Mencintai Lingkungan”, anak-anak diajak langsung untuk melihat keadaan lingkungan sekitarnya.

            Belajar mencintai lingkungan merupakan salah satu contoh penanaman nilai karakter yang perlu ditanamkan dalam diri anak sejak dini. Penjelasan mengenai berbagai sumbangsih lingkungan alam dalam kehidupan manusia, peranan alam dalam menjaga ekosistem lingkungan, peranan alam dalam menjaga keeksistensian kehidupan manusia dan lain-lain perlu dijelaskan kepada anak. Sehingga pada akhirnya anak mempunyai kesadaran untuk menjaga serta mencintai alam ini seperti halnya mencintai hidup mereka sendiri. Inilah yang menjadi tugas para pendidik yang ada disekolah-sekolah dibawah naungan yayasan Tarakanita. Kesiapsediaan pendidik dalam mengenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap lingkungan yang ada disekitar menjadi salah satu modal penting dalam melayani anak.

            Dengan demikian, sebenarnya ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai karakter dalam diri anak. Melalui cara sederhana pun, jika hal tersebut diajarkan dengan sungguh-sungguh maka akan membuat anak mengerti apa yang kita maksudkan. Seperti halnnya melalui cara sederhana ini yaitu pemanfaatan area kebun SD Santo Yosef, dimana anak-anak diajak untuk semakin menghargai dan mencintai alam lingkungan mereka sebagai sebuah anugerah dari Tuhan yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Ayooo…selalu semangat mencintai lingkungan ya !! 







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :