HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.228.21.204
Pengunjung : 1.200.491


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Tips Mengatasi Anak Rewel dan Tidak Mau Bersekolah


Selasa; 26 July 2016 [R.B HERU KWARTANTO, SD ST. YOSEF SURABAYA] - Artikel Umum

Perilaku anak dapat membuat orang tua menjadi khawatir, terutama jika mereka tidak mau bersekolah. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa dari dalam diri mereka sendiri maupun dari luar. Biasanya hal ini sudah dimulai dari pagi ketika anak bangun, kemudian sulit disuruh sarapan dan mandi. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi Anda sebagai orang tua. Jika hal ini berlangsung setiap hari pasti akan membuat Anda jengkel bukan? 

Menyiapkan buah hati Anda masuk sekolah biasanya susah-susah gampang. Ulah balita hingga anak usia awal SD menghadapi hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar. Memaksa anak untuk tetap bersekolah tidak selalu membuatnya menurut. Seringkali hal ini membuat orang tua menjadi kebingungan. 

 

1. Evaluasi Jadwal Tidur Anak

  • Pastikan Anak Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Mulailah dengan mengevaluasi jadwal tidur anak Anda. Kebanyakan anak yang suka ngambek atau rewel seringkali tidak mendapatkan tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, anak-anak bayi dan balita biasanya membutuhkan jam tidur selama 12 jam. Anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun membutuhkan jam tidur 10 hingga 11 jam. Jadi, jika perlu Anda dapat mengubah rutinitas tidur si kecil dengan tepat.Yang tidak kalah pentingnya adalah contoh dari orangtua, orang tua sebisa mungkin juga mendampingi saat anak akan mulai tidur.

  • Biarkan Mereka Tidur Lebih Awal

Cobalah agar anak Anda tidur lebih awal dari jam tidur normal biasanya. Matikan televisi lebih awal dan minta mereka untuk membaca buku sehingga lebih bersantai. Menanamkan kebiasaan yang baik sedari kecil akan mempermudah Anda dimasa depan. Orangtua juga harus bisa menahan diri untuk tidak melihat Televisi disaat anak akan mulai tidur.

    

2. Pahami Pola Perilaku Anak Anda

  • Berikan Kelembutan dan Perhatian

Memang tak mudah untuk membujuk anak agar mau bersekolah, Anda harus bersabar dan mencari solusi yang tepat untuk menangani masalah ini. Cara-cara dengan kelembutan dan perhatian mungkin lebih tepat dilakukan agar anak mau bersekolah. Kontrol emosi Anda sendiri, meskipun niat Anda baik tetapi orang tua sering marah dan emosional dengan anak-anak usia sekolah. Pada titik ini, Anda kehilangan otoritas sebagai orang tua. Maka, jangan takut untuk meminta bantuan. Mendapatkan masukan dari orang lain seperti guru anak Anda di sekolah, Anda dapat memahami pola perilaku anak Anda.

  • Hindari Ketakutan Anak Terhadap Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah merupakan dunia luar bagi anak. Untuk menghindari anak dari ketakutan terhadap lingkungan luar seperti lingkungan sekolah, Anda bisa mengajak anak jalan-jalan berkeliling melihat sekolahnya di hari sebelum dia bersekolah. Selain memperkenalkan kondisi fisik sekolah Anda juga bisa memperkenalkannya kepada guru yang akan mengajarnya nanti.

3. Dekati Anak Dan Dengarkan Keluh Kesahnya

  • Dengarkan Keluh Kesah Anak

Dekati anak dan dengarkan keluh kesahnya. Dengan begitu anak merasa tidak dipojokkan. Anda dapat bertanya dengan lembut dengan anak, apa alasan dirinya tidak mau masuk kesekolah. Jika Anda sudah tahu alasannya. Dengan begitu bisa dicari solusinya bersama-sama. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara yang santai, saat ia sedang bermain , menonton televisi atau saat ditempat tidur.Dari beberapa pengalaman akan lebih efektif jika semua itu dilakukan di tempat tidur, dengan selingan dongeng, bernyanyi-nyanyi kecil sambil menyelipkan beberapa pertanyaan tentang anak.

  • Ingatkan Anak Anda Tentang Cita-citanya

Anda pastinya pernah bertanya kepada anak Anda apa cita-cita mereka. Banyak Anak memiliki cita-cita yang unik yang ada di benak mereka. Ketika mereka rewel dan ngambek tidak mau bersekolah, Anda bisa mengingatkan mereka tentang ciita-citanya. Hal ini dapat menaikkan motivasi mereka yang sedang menurun tak mau bersekolah. Dengan begitu anak akan tersadar, bahwa tanpa bersekolah mereka tidak akan bisa menggapai cita-citanya.

 

4. Selalu Berikan Anak Motivasi Yang Positif

  • Libatkan Guru Anak di Sekolah

Jika semua cara yang dilakukan untuk membujuk anak agar mau bersekolah tidak berhasil, maka Anda dapat menghubungi wali kelas anak disekolah. Anda dapat membicarakan masalah ini dengan guru tersebut. Jika alasan anak tidak mau bersekolah adalah karena teman-temannya atau ia sulit menerima pelajaran, maka akan dengan mudah dicari solusinya.Pengalaman-pengalaman yang kurang menyenangkan dengan teman bisa juga membuat rasa trauma pada diri anak.

  • Selalu Berikan Motivasi Bagi Anak

Memberikan motivasi bagi anak untuk bersekolah dapat membuat tekadnya semakin kuat dan lebih percaya diri. Perhatian orang tua kepada anak pun harus lebih ditingkatkan. Anda pun dapat mendorong anak untuk dapat beristirahat dengan lebih baik dan jangan lupa untuk menjaga asupan gizinya. Janganlah mudah untuk memarahi anak, lakukan pendekatan dengan lembut sehingga perilaku anak akan dengan mudah terkontrol.

Alasan penolakan anak untuk tidak mau bersekolah sangatlah bervariasi. Sedari dini hal ini bisa dihindari akan semakin baik karena akan dengan mudah di intervensi dan di identifikasi masalahnya. Anda dapat menghubungi seorang psikolog klinis untuk bantuan tambahan. Mereka dapat membantu Anda untuk mengembangkan rencana agar anak dapat dengan mudah kembali ke sekolah. 

 

Semoga dengan tips-tips diatas bisa membantu kita para orangtua yang mempunyai pengalaman menghadapi anak sulit bersekolah.

Salam Tarakanita.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :